Pengaruh Harga dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry di Kota Surabaya
Keywords:
price, brand equity, mobile phone industry, purchasing decisionsAbstract
The purchase decision on the product is due to the benefits and quality provided by the product. Consumer decision making is a problem solving process. Most consumers will go through a similar mental process in deciding what product to buy. Quality products and strong brands are the main keys in winning market competition, which in the end will be able to provide a higher satisfaction value to consumers. The purpose of this study was to determine the impact of price on a purchase decision and the impact of brand equity on purchasing decisions. By using associative research method with the object of testing is the Blackberry brand mobile phone buyers. The researcher uses purposive sampling for the sampling technique, namely the Blackberry brand mobile phone buyers in the city of Surabaya. All respondents from among students, the number is 100 people. The hypothesis was tested by data analysis in the form of multiple linear regression analysis. The results showed that the price and brand equity variables had a role in purchasing decisions for the Blackberry brand concept.
References
Alma, Buchar. (2005). Dasar-Dasar Bisnis dan Pemasaran. Cetakan Ketiga. Alfa Beta. Bandung
Angipora, Marius P. (1999). Dasar-dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Asdi Mahasatya, Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Bilson, Simamora. (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Budiyanto & D. Darmawan. (2005). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Sepeda Motor, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.9 No.3 September, 362-377.
Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Cannon, Perreault, McCarthy. (2008). Pemasaran Dasar, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.
Basu, Swasta & Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Budiyanto & D. Darmawan. (2005). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Sepeda Motor, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 9(3), 362-377.
Craven, W. David. (1998). Pemasaran Srategi. Erlangga, Jakarta.
Darmawan, D. (2004). Pengaruh Variabel Psikologis, Harga dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Minuman Suplemen, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Manajemen, Vol.3 No.1 September, 14-23.
Darmawan, D. (2005). Pengaruh Ekuitas Nilai dan Kepuasaan Nasabah terhadap Pemilihan Merek dan Penyampaian Berita dari Mulut Ke Mulut, Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik, Vol.1 No.2 Februari, 145-157.
Darmawan, D. (2005). Top of Mind Brand Vs Bottom of Mind Brand, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Manajemen, Vol.3 No.3 Mei, 51-57.
Darmawan, D. (2005). Ekuitas Nilai dan Ekuitas Merek: Anteseden Respon Perilaku Konsumen, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Manajemen, Vol.4 No.1 September, 59-65.
Darmawan, D. (2010). Manajemen Pemasaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Satu Nusa, Bandung.Djati, S. Pantja & D. Darmawan. (2004). Pengaruh Kesan Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan mahasiswa PTS terhadap Minat Mereferensi Kampusnya, Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi, 4(2), 190-204.
Djati, S. Pantja & D. Darmawan. (2005). Pengaruh Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kesetiaan Pelanggan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 48-59.
Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ferrinadewi, E. & D. Darmawan. (2004). Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS, BP Undip, Semarang.
Handoko, V. Rudy. & D. Darmawan. (2004). Pengaruh Kinerja Wiraniaga dan Karakter Demografinya terhadap Kinerja Pasar Perusahaan, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), 63-72.
Hadi, Sudharto P. (2007). Perilaku Konsumen. Badan Penerbit Undip Semarang, Semarang.
Hanna, Nessim. & Richard Wozniak. (2001). Consumer Behavior : An Applied Approach. Prentice Hall International Inc., New York.
Idris, N. H., Budiyanto & D. Darmawan. (2004). Pengaruh Kompetensi, Kedisiplinan, Interaksi Sosial dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 17-30.
Iskandar, M. & D. Darmawan. (2003). Strategi Pemasaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Khasanah, H., S. Arum, & D. Darmawan. (2010). Pengantar Manajemen Bisnis. Spektrum Nusa Press, Jakarta.
Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2004). Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Indeks, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajat. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.
Larrache, Boyd Walker. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Jilid I. Erlangga, Jakarta.
Mowen, C. John & Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 1 Edisi 5, (Alih Bahasa Lina Salim). Erlangga. Jakarta.
Oetomo, H. & D. Darmawan. (2003). Kajian Perbedaan Sikap Masyarakat terhadap Commercial Endorsements dan Political Endorsements, Jurnal Ekonomi-Manajemen, 2(2), 91-112.
Putra, Arif Rahman. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business. TransMedia, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (2005). Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, PT. Gramedia Pustaka Utama dan STIE IBBI. Jakarta.
Rusman, N. S., D. Darmawan, & N. Othman. (2007). The Study of Organizational Citizenship Behavior: The Role of Professionalism and Experience. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1), 21-34.
Setyaningsih & D. Darmawan. (2004). Pengaruh Citra Merek terhadap Efektifitas Iklan, Jurnal Media Komunikasi Ekonomi dan Manajemen, 2(3), 41-49.
Sjamsi, N. & D. Darmawan. (2004). Peran Strategis Layanan pada Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 83-95.
Swastha, Basu. & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Ujianto & D. Darmawan. (2003). Rasionalitas Mahasiswa dalam Memilih Partai Politik: Studi terhadap Faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa Kota Surabaya dalam Memilih Partai Politik, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 43-54.
Wahyudi, I, D. Bhaskara, D. Darmawan, Hermawan & N. Damayanti. (2006). Kinerja Organisasi dan Faktor-Faktor Pembentuknya, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 95-108.